Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan Meluncur Awal 2022, Pekerja Kena PHK, Bakal Dapat Uang Tunai Melalui JKP

- Jumat, 26 November 2021 | 09:53 WIB
Ilustrasi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) (Pixabay )
Ilustrasi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) (Pixabay )

HALLOTERNATE.COM - Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) segera diluncurkan pada tahun 2022 mendatang.

Program tersebut merupakan inisiasi dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional atau Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Program JKP sendiri merupakan jaminan yang diberikan kepada pekerja/buruh yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) berupa manfaat uang tunai, akses informasi pasar kerja, dan pelatihan kerja.

Baca Juga: Siasat Sultan Nuku 'Warakatulikhlas, Surat - Surat Sultan Nuku' Bagian 2

Direktur Kependudukan dan Jaminan Sosial Bappenas Muhammad Cholifihani mengatakan, saat ini persiapan program JKP sudah mencapai 90%.

"Jadi kemajuannya, sampai sejauh ini layanan JKP sudah sampai di Kementerian Keuangan, kementerian Koordinator PMK, BPJS Ketenagakerjaan (BP JAMSOSTEK), dan BPJS Kesehatan. Jadi, layanan JKP sudah siap 90% pada bulan November ini. Mulai dari informasi, portal JKP, sudah aktif. Ada model konseling, ada infrastruktur, dan sistem layanan IT," jelasnya saat dikutip dari laman BPJS Ketenagakerjaan, Jumat, 26 November 2021.

Baca Juga: Menang Telak Atas Myanmar, Ketum PSSI Harap Para Pemain Timnas Indonesia Tetap Fokus

Menurutnya, program tersebut rencana akan diluncurkan pada akhir tahun 2021 atau Desember 2021.

Sementara program JKP tersebut akan dilakukan soft launching pada Januari 2022, sedangkan pada Februari JKP akan resmi diluncurkan secara luas.

Saat ini, BPJS Ketenagakerjaan dan Kementerian Ketenagakerjaan mulai menggencarkan sosialisasi program JKP. Hal ini dilakukan usai pemerintah secara resmi menerbitkan seluruh aturan teknis terkait penyelenggaraan program tersebut.

Halaman:

Editor: Yahya Konoras

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mulai 2022, Tarif Listrik Non-Subsidi Berpotensi Naik

Kamis, 2 Desember 2021 | 08:30 WIB
X