Tarif Masuk Taman Nasional Komodo Naik Gila-gilaan, Banyak Pekerja Kehilangan Pekerjaan

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 22:39 WIB
Sala satu komodo di Taman Nasional Komodo (TNK)
Sala satu komodo di Taman Nasional Komodo (TNK)

HALLOTERNATE.COM - Tarif masuk taman nasional komodo (TNK) Manggarai barat saat ini ramai diperbincangkan dari berbagai kalangan.

Pasalnya kebijakan tarif masuk taman nasional komodo (TNK) naik berlipat ganda. harga tiket tersebut menjadi Rp 3.750.000.

Ketua Asosiasi Travel Agent Indonesia Nusa Tenggara Timur (Astindo NTT) Jeme Hungga Mataku kepada media Rabu 3 Agustus 2022 mengatakan, Kita karyawan kebanyakan yang freelance, sudah pasti sementara stop dulu.

Baca Juga: DPR Desak Tarif Masuk Taman Nasional Komodo Rp3,7 Juta tak Bisa Diberlakukan

"Pekerja harian lepas umumnya berasal dari beberapa jenis, misalnya guide yang mengarahkan turis atau wisatawan di daerah asal. Mereka pun terancam kehilangan pekerjaan karena banyaknya turis yang membatalkan atau menunda perjalanan " kata Jeme.

"Banyak teman-teman reschedule grup pindah ke September. Saya pun harusnya ada yang masuk tanggal 5 Agustus, karena ribut-ribut ini pindah ke September," jelas Jeme.

Baca Juga: Tengok Situasi Terkini, Pasca Aksi Mogok di Taman Nasional Komodo

Namun upaya itu pun tidak mudah karena banyak wisatawan yang keberatan, meski sebagian tetap menyetujui.

"Memulihkan nggak seperti memindahkan parkiran mobil, mengubah tiket pesawat atau refund butuh ada biaya admin dan sebagainya," tutup Jeme. ***

Halaman:

Editor: Yustinus Darmoyuwono

Tags

Terkini

DPR Soroti Permasalahan di Taman Nasional Komodo

Kamis, 4 Agustus 2022 | 20:20 WIB
X