PSI Pro Jokowi Tapi Kontra Anies, Refly Harun: Sikap Politiknya Seperti Itu

- Sabtu, 15 Januari 2022 | 18:48 WIB
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Giring Ganesha, saat menyampaikan pidato di HUT ke-7 PSI, Rabu 22 Desember 2021. (Video YouTube.com/Tangkapan Layar)
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Giring Ganesha, saat menyampaikan pidato di HUT ke-7 PSI, Rabu 22 Desember 2021. (Video YouTube.com/Tangkapan Layar)

HALLOTERNATE.COM - Pengamat hukum tata negara, Refly Harun, punya catatan tersendiri terhadap sikap politik Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Partai besutan Grace Natalie kerap terlihat pro terhadap Presiden Joko Widodo, tapi kontra dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Seperti yang terlihat dalam pidato Ketua Umum PSI, Giring Ganesha, pada HUT PSI ke-7 baru-baru ini.

Baca Juga: Pidato Giring Ganesha Berpotensi Bikin Elektabilitas PSI Terjun Bebas

Giring sempat menyinggung, masa depan Indonesia suram apabila Presiden yang terpilih ke depan adalah sosok pembohong yang pernah dipecat Jokowi dalam pemerintahan.

Giring memang tak menyebut nama dari sosok tersebut. Namun, PSI selama ini menjadi oposisi di Jakarta, sehingga banyak pihak berspekulasi bahwa pidato Giring itu ditujukan kepada Anies.

Terakhir, Giring pun buka suara atas pelaporan yang dilakukan oleh Ubedilah Badrun terhadap Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep ke KPK pada Senin, 10 Januari 2022, terkait kasus dugaan pencucian uang melalui relasi bisnis.

Baca Juga: Wagub Jakarta Sebut Logika PSI soal Sumur Resapan Tak Nyambung

Dalam pertemuan bersama Gibran pada Jumat, 14 Januari 2022 itu, Giring menilai tinggal dibuktikan saja, bahwa apakah tudingan tersebut benar atau tidak.

Lebih jauh, mantan vokalis grup band Nidji itu mengungkapkan Gibran adalah sosok yang sederhana dan konsisten dalam bekerja. Tak hanya itu, Giring mengaku memiliki kedekatan khusus dengan Gibran sebagai seorang teman.

Halaman:

Editor: Nurkholis Lamaau

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPK Ganti Istilah OTT, Firli Bahuri Ungkap Alasannya

Kamis, 27 Januari 2022 | 16:47 WIB

Diduga Ada Perbudakan di Rumah Bupati Langkat

Selasa, 25 Januari 2022 | 13:07 WIB
X